TOP News
Home » Mobil » Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil
Cruise control
Images: bubblews.com

Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi berbagai inovasi pun dapat tercipta, seperti halnya teknologi Cruise Control pada Mobil. Dimana perkembangan teknologi kendaraan bermotor kian hari kian pesat, teknologi Cruise Control ini hadir dengan tujuan untuk memudahkan pengendara dalam mengemudi.

Fitur Cruise Control adalah fungsi dengan sistem elektrik yang berfungsi untuk menjaga kecepatan kendaraan secara konstant, teknologi ini sangat membantu pengemudi dalam menjaga kecepatan laju kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara dalam jarak yang cukup jauh.

Kendaraan yang sudah menerapkan dan memiliki fiur Cruise Control ini padaumumnya pada kendaraan dengan segmen menengah keatas. Tombol untuk mengaktifkan fitur Cruise Control biasanya ada di bagian batang kemudi, atau tuas yang berada di bawah kemudi.

Jika pengemudi berada di kecepatan laju 80 km/jam di jalan bebas hambatan, cukup dengan mengaktifkan sistem cruise control kendaraan dapat melaju otomatis di kecepatan 80 km/jam.

Intinya adalah Cruis Control berfungsi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada kecepatan yang diinginkan, biasanya fitur ini akan sangat berguna sekali ketika berada di jalan yang bebas hambatan. Disamping itu, dengan adanya teknologi ini konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit dan efisien yang dikarenakan putaran mesin lebih setabil.

Cukup hanya menginjak pedal rem maupun pedal gas, maka aktivasi sistem cruise control segera dibatalkan dan kembali ke modus berkendara normal. Cruise control bekerja dengan cara membaca sensor kendaraan yang pada umumnya terdapat di driveshaftlas kopel, speedometer maupun sensor di takometer.

Salah satu mobil yang sudah memiliki teknologi ini adalah Toyota camry 2,5 HV dan 2,5 V serta Toyota Corolla terbaru.

Advertisement

Comments

Related Post

M-Class Generasi Ke-3 Mengaspal di Indonesia

M-Class Generasi Ke-3 Mengaspal di Indonesia

Generasi ke-3 dari Mercedes-Benz M-Class yang nantinya menjadi standar anyar Sport Utility Vehicle (SUV) di dunia, akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia di 29 Juni 2012. Kehadiran mobil Premium dengan empat roda penggerak ini diklaim mampu memperkuat posisi MBI (PT Mercedes-Benz Indonesia) yang selalu berkomitmen mengedepankan desain terkini, teknologi mutakhir, kenyamanan superior dan sistem keselamatan tertinggi. Read More »

Taigun, Mobil Compact ala Volkswagen

Taigun, Mobil Compact ala Volkswagen

Volkswagen Taigun – Para produsen otomotif kini berlomba-lomba menciptakan berbagai produk baru, salah satunya adalah segmen mobil compact. Diwartakan dari laman Autoevolution.com, Jumat (26/07/2013) Salah satu produsen otomotif ternama yakni Volkswagen berencana merilis produk asli dari konsep mobil compact Volkswagen Taigun. Volkswagen Taigun yang sebelumnya dipamerkan pada ajang Sao Paolo motor show tahun lalu, kini Read More »

Toyota Crown, Punya Generasi Baru

Toyota Crown, Punya Generasi Baru

Mobil seri legendaris Toyota ini pertama kali diproduksi pertamakli pada tahun 1955, dimana sampai saat ini Toyota Crown telah memasuki produksi hingga generasi ke-14. Seperti diwartakan dari laman Carscoop pada hari Kamis (27/12/2012), bahwa Toyota Crown baru saja dirilis di Jepang. Crown kali ini hadir dengan dua versi, yakni Toyota Crown Athlete yang khas dengan Read More »

Wow, Bodi Mercy New SL 350 hanya 120kg?

Wow, Bodi Mercy New SL 350 hanya 120kg?

Ajang Indonesian International Motor Show (IIMS) tahun 2012 ini memang benar-benar dimanfaatkan oleh berbagai produsen mobil, termasuk Mercedes-Benz yang meluncurkan The New SL 350, dan tentu saja ini bukan Fortuner SUV Terbaik, melainkan sebuah inovasi Magic Vision Control, Hands-Free-Access dan FrontBass. Mercedes-Benz mengklaim, New SL 350 dinilai hemat dalam konsumsi bahan bakar mencapai 29 persen Read More »