TOP News
Home » Mobil » Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil
Cruise control
Images: bubblews.com

Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi berbagai inovasi pun dapat tercipta, seperti halnya teknologi Cruise Control pada Mobil. Dimana perkembangan teknologi kendaraan bermotor kian hari kian pesat, teknologi Cruise Control ini hadir dengan tujuan untuk memudahkan pengendara dalam mengemudi.

Fitur Cruise Control adalah fungsi dengan sistem elektrik yang berfungsi untuk menjaga kecepatan kendaraan secara konstant, teknologi ini sangat membantu pengemudi dalam menjaga kecepatan laju kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara dalam jarak yang cukup jauh.

Kendaraan yang sudah menerapkan dan memiliki fiur Cruise Control ini padaumumnya pada kendaraan dengan segmen menengah keatas. Tombol untuk mengaktifkan fitur Cruise Control biasanya ada di bagian batang kemudi, atau tuas yang berada di bawah kemudi.

Jika pengemudi berada di kecepatan laju 80 km/jam di jalan bebas hambatan, cukup dengan mengaktifkan sistem cruise control kendaraan dapat melaju otomatis di kecepatan 80 km/jam.

Intinya adalah Cruis Control berfungsi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada kecepatan yang diinginkan, biasanya fitur ini akan sangat berguna sekali ketika berada di jalan yang bebas hambatan. Disamping itu, dengan adanya teknologi ini konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit dan efisien yang dikarenakan putaran mesin lebih setabil.

Cukup hanya menginjak pedal rem maupun pedal gas, maka aktivasi sistem cruise control segera dibatalkan dan kembali ke modus berkendara normal. Cruise control bekerja dengan cara membaca sensor kendaraan yang pada umumnya terdapat di driveshaftlas kopel, speedometer maupun sensor di takometer.

Salah satu mobil yang sudah memiliki teknologi ini adalah Toyota camry 2,5 HV dan 2,5 V serta Toyota Corolla terbaru.

Advertisement

Comments

Related Post

Ooo, Ternyata Begini Cara Buat Mobil Terbang!!!

Ooo, Ternyata Begini Cara Buat Mobil Terbang!!!

Mobil terbang bukanlah suatu hal yang baru lagi kedepannya dikehidupan masyarakat, karena tahun depan bahkan sudah ada perusahaan yang mau memproduksi dan menjualnya. Di tengah produksi mobil terbang yang semakin dekat, sebuah hasil survei menyatakan banyak konsumen yang masih takut, karena fitur parasut perlu dibuat jika sewaktu-waktu mobil terbang tersebut gagal berfungsi sistemnya dan jatuh Read More »

Ford Evos, Hasil Evolusi Sport Car

Ford Evos, Hasil Evolusi Sport Car

Ford Evos – Ford merupakan salah satu Produsen otomotif ternama yang kini tengah mempersiapkan mobil sport konsep yang dinamai dengan Ford Evos. Ford Evos adalah mobil jenis sedan sport yang memiliki sedikit perbedaan dari sportcar lain dan hanya menggunakan 2 pintu. Hal ini dikarenakan Ford Evos menggunakan empat pintu yang bagian pintu belakang tak menggunakan Read More »

Spesifikasi Mobil Mazda CX-5 dan Daftar Harganya

Spesifikasi Mobil Mazda CX-5 dan Daftar Harganya

Mobil irit yang tergolong dalam jenis Mobil Pintar yakni Mazda CX-5. Mobil ini dibanderol seharga Rp. 304 jutaan. Kali ini Mazda memproduksi dua jenis mesin CX-5 sekaligus dengan tiga daya output yang tidak sama. Mesin Mobil Mazda SKYACTIV bensin 2.0-liter dan SKYACTIV diesel 2.2-liter yang menghasilkan daya hingga 148HP sampai 173HP. Mesin mobil ini dihadirkan Read More »

Toyota Juga Mengembangkan Wireless Charging Mobil

Toyota Juga Mengembangkan Wireless Charging Mobil

Toyota – Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, kini industri mobil listrik terus berkembang. Kali ini yang tengah dalam proses pengembangan oleh Toyota adalah wireless charging. Dengan adanya teknologi ini diharapkan nantinuya dapat diterapkan secara masal karena proses isi ulang listrik telah tidak perlu menggunakan kabel lagi. Untuk mengembangkan teknologi ini, Toyota telah bekerjasama dengan Read More »