TOP News
Home » Auto Tips » Cara Tepat Memilih Ban
Ban mobil

Cara Tepat Memilih Ban

Dalam memilih ban sebaiknya jangan asal-asalan dan tidak boleh sembarangan. Meski memilih ban suatu kendaraan cenderung untuk sesuka hati, namun belum tentu ban tersebut sesuai dengan kapasitas kendaraan.

Oleh sebab itu sebaiknya memperhatikan 5 cara untuk memilih dan merawat ban dengan tepat untuk kendaraan

Pertama
Ketika kita hendak memilih ban, terlebih dahulu pastikan ukurannya baik lebar tapak, ketebalan ban serta dimensi velg yang sama. Disamping dapat dipasang dengan sempurna, memilih ban dengan ukuran yang tepat juga dirasa lebih aman dan nyaman ketika digunakan setiap hari.

Kedua
Jangan mengganti ban sebelah saja. Usahakan untuk mengganti ban selalu sepasang (kiri-kanan), penggantian ban yang hanya sebelah saja dapat menjadikan kinerja ban baru lebih berat serta dapa mempengaruhi pengendara ketika berkendaraan. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan grip atau yang dikenal dengan daya cengkeram ban antara ban baru dan ban lama.

Ketiga
Pastikan selalu mengisi angin ban dengan tekanan yang deal. Pada umumnya, tekanan angin pada ban berada di angka 30-34 Psi. Jika tekanan angin ban berada dibawah angka 30-34 Psi, maka ban akan sangat rawan sobek, berlipat ketika bermanuver. Sementara itu, jika tekanan angin ban terlalu tinggi dapat meningkatkan karakter ban menjadi lebih keras, yang mana bisa menyebabkan rasa tidak nyaman ketika berkendara.

Keempat
Pemakaian ban dengan ukuran tapak lebih tebal dan lebar bisa memicu membesarnya rolling resistance, sehingga sangat berpengaruh terhadap performa pada kendaraan serta konsumsi bahan bakar.

Kelima
Penggunaan ban pada ukuran tapak yang lebih kecil bisa menyebabkan susunan anyaman kawat pada ban cepat rusak, dan sebaiknya juga jangan menggunakan profil ban lebih tipis, hal ini dapat menjadikan karakter ban akan lebih keras sehingga dapat memicu velg cepat rusak ketika terjadi benturan.

Advertisement

Comments

Related Post

Tips Memilih Motor Produk Cina atau Jepang.

Tips Memilih Motor Produk Cina atau Jepang.

Di Indonesia dan juga beberapa negara Asia Tenggara lainnya masalah pabrikan kendaraan bermotor selalu dikuasai pabrikan Jepang, namun pabrikan China juga tidak mau kalah dalam bersaing. Pasti yang kita kenal dari pabrikan China adalah soal harga yang lebih murah, bayangkan saja ketika kita membeli motor pabrikan Jepang paling murah seharga 15 juta. Namun beda lagi Read More »

Ini Dia Cara Sederhana Merawat Mesin Diesel

Ini Dia Cara Sederhana Merawat Mesin Diesel

Mesin yang sering digunakan tentu saja harus menjalani perawatan, baik perawatan ringan maupun perawatan berat. Jika tidak rajin merawatnya maka dapat memberikan kerusakan yang lebih banyak. Mesin mobil diesel kebanyakan disukai karena keiritannya, mesin ini juga diyakini lebih mudah dalam melakukan perawatan. Berikut ini adalah cara terbaik dalam merawat mesin diesel yang tidak ada ruginya Read More »

Cara Tepat Memilih Ban

Cara Tepat Memilih Ban

Dalam memilih ban sebaiknya jangan asal-asalan dan tidak boleh sembarangan. Meski memilih ban suatu kendaraan cenderung untuk sesuka hati, namun belum tentu ban tersebut sesuai dengan kapasitas kendaraan. Oleh sebab itu sebaiknya memperhatikan 5 cara untuk memilih dan merawat ban dengan tepat untuk kendaraan Pertama Ketika kita hendak memilih ban, terlebih dahulu pastikan ukurannya baik Read More »

Enduro SPIRIT Sehidup Sematic 2012

Enduro SPIRIT Sehidup Sematic 2012

Melalui produk pelumas Enduro, Pertamina Lubricants menggelar aksi Enduro Spirit Sehidup Sematic di tahun 2012 ini, yakni melakukan penggantian oli gratis untuk motor kategori matic terbanyak dalam waktu satu hari yang terdapat di lima kota besar. Hingga kini sudah terdaftar 4.063 motor matic yang ikut menjadi peserta penggantian oli gratis tersebut. Di Jakarta, acara ini Read More »