TOP News
Home » Mobil » Fortuner SUV Terbaik dengan Teknologi VN Turbo
Toyota Fortuner 2012

Fortuner SUV Terbaik dengan Teknologi VN Turbo

Toyota, produsen mobil ini nampaknya semakin serius dalam bersaing di pasar Automotive. Fortuner SUV terbaik dari Toyota telah resmi diluncurkan dengan mengusung teknologi VN Turbo yang hadir dengan mesin baru.

Toyota membalut Fortuner dengan desain elegan yang mampu memberikan kesan mewah dan juga sudah mendukung teknologi canggih, hal ini terbukti dengan disematkannya berbagai fitur terbaru.

Mesin yang digunakan Fortuner diesel merupakan Common Rail VN Turbo Intercooler (VNT) dengan kapasitas 2,5 liter. Mesin ini juga disematkan pada varian double cabin, Toyota Hilux. Perangkat VNT di Fortuner ini mampu memproduksi tenaga dari 102 PS/3600rpm naik menjadi 144ps/3400rpm.

Semntara itu, torsi yang awalnya hanya di 26.5kgm/1600 – 2400 rpm mengalami kenaikan menjadi 35kgm/1600-2800rpm. Peningkatan drastis ini disebabkan karena VNT merupakan mesin yang dipakai sama persis, yakni empat silinder diesel dengan kapasitas 2.5 liter.

VNT di Fortuner ini memiliki rumah turbin yang dilengkapi bilah/sudu-sudu yang digerakkan dengan tenaga motor listrik ini diharapkan mampu menjadi Fortuner SUV terbaik. Sudu-sudu ini dapat diatur sudut bukaannya yang disesuaikan dengan beban mesin, rpm, serta memiliki banyak variable lain. Di putaran rendah, sewaktu tekanan gas buang dalam keadaan lemah serta tidak efektif memutar turbin maka sudu-sudu tersebut ditutup sehingga gas buang mengalir dibagian sempit yang secara langsung meningkatkan tekannnya. Tekanan ini secara efektif dapat memutar turbin dengan baik yang memungkinkan kompresor dapat bekerja meskipun dalam putaran rendah.

Sewaktu putaran mesin semakin tinggi, sudut bukaan pada sudu-sudu dapat membesar dengan sendirinya, hal ini bertujuan untuk menghindari rusaknya perangkat turbo yang disebabkan karena tekanan berlebihan. Sehubungan dengan gas buang panas yang ikut terhisab oleh turbo, maka pada Grand New Fortuner VNT 2.5 ini dilengkapi dengan intercooler yang terdapat diantara turbo dan intake manifold. Intercooler ini berfungsi untuk menurunkan suhu udara panas yang ikut terhisap oleh turbo dengan menggunakan sumber pendingin udara luar yang mengalir melalui air scoop di kap mesin Fortuner SUV terbaik ini.

Grand New Fortuner VN Ttrbo 2.5 G AT TRD

Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G AT TRD – Auro Asia

Grand New Fortuner VN TUrbo 2.5 G A/T

Grand New Fortuner VN TUrbo 2.5 G A/T

Fortuner nampaknya bakal menjadi andalan Toyota di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) medium untuk pasar automotif Indonesia, hal ini diketahui dari toyota yang ingin memperkuat pasar dengan memperkenalkannya mesin diesel VNT untuk menunjang supaya Fortuner semakin dapat bersaing dengan kompetitor.

Dengan mengusung kapasitas mesin 2,5 liter Common Rail VN Turbo Intercooler, mesin ini dapat menghasilkan daya hingga 144 PS. Daya tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan mesin diesel D4D 2,5 liter, dimana hanya dapat menghasilkan daya 102 PS.

Disamping memiliki peningkatkan output, torsi juga mengalami peningkatan yang sebelumnya hanya 26,5 kg-m naik menjadi 35 kg-m. Walaupun mengalami peningkatan dalam daya dan torsi, mesin diesel dengan teknologi Coomon Rail VN Turbo Intercoolerini masih memberikan efisiensi bahan bakar.

Dashboard / ruang kemudi Grand New Fortuner

Dashboard / ruang kemudi Grand New FortunerDidukung dengan berbagai fitur canggih GPS, Audio/Video, LCD Touchscreen

Air Cooler Fortuner VN Turbo 2012

Air Cooler Fortuner VN Turbo 2012Sistem penyejuk / pendingin ruangan ketika berada di dalam Grand New Fortuner

Tempat duduk Grand New Fortuner

Tempat duduk Grand New Fortuner SUV TerbaikDengan ruangan yang lebar memungkinkan penumpang leluasa untuk bergerak

Untuk fortuner terbaru 2012 ini toyota sudah membekalinya dengan berbagai fitur menarik seperti adanya beberapa titik sensor yang dipasang pada bumper depan dan belakang untuk mempermudah mengontrol kondisi disekitar mobil terutama ketika akan parkir secara mundur.

Tidak hanya itu, fitur pendukung seperti Toyota Navigasi / GPS, 2 DIN Audio Video System, 6,1 inci layar sentuh, konektivitas iPod (Video dan Audio) konektor, Bluethooth, MP3, CD, WMA, radio AM/FM, logo VN Turbo. Tentu saja produk toyota yang satu ini pantas menyandang gelar Fortuner SUV Terbaik.

Untuk memberikan kenyamanan dalam mendengarkan musik / audio, Toyota Fortuner dengan teknologi VNTurbo ini juga sudah dipersenjatai dengan 6 Speakers.

Dengan fortuner, penumpang juga dimanjakan AC (Air Conditioner) yang mampu memberikan kesejukan dan kenyamanan melalui sistem pendingin belakang ketika berkendara. Selain itu juga masih ada lagi fasilitas / fitur lain seperti Power Seat Adjuster (2.7 V type) yang berfungsi untuk mengatur posisi duduk secara elektrik untuk pengemudi serta memberikan rasa nyaman ketika berkendara.

Yang lebih menarik lagi adanya fitur Anti-Lock Braking System (ABS), fitur ini berfungsi untuk mencegah roda terkunci yang berguna sekali untuk membantu mengendalikan rem ketika kendaraan melaju di jalan licin.

Daftar Tabel Harga Toyota Fortuner adalah sebagai berikut:

  1. Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 dijual dengan harga Rp. 499,700,000
  2. Grand New Fortuner 2.7 G Lux A/T 4×2 dijual dengan harga Rp. 447,850,000
  3. Grand New Fortuner 2.5 G A/T DIESEL dijual dengan harga Rp. 395,000,000
  4. Grand New Fortuner 2.5 G M/T DIESEL dijual dengan harga Rp. 384,750,000
  5. Grand New Fortuner 2.5 G M/T DIESEL TRD dijual dengan harga Rp. 409,650,000
  6. Grand New Fortuner 2.5 G A/T DIESEL TRD dijual dengan harga Rp. 419,900,000
  7. Grand New Fortuner 2.7 G Lux A/T 4×2 Gasoline TRD dijual dengan harga Rp. 473,300,000

Untuk lebih jauh mengenal Toyota Grand New Fortuner VN Turbo 2012, simak video Fortuner EuroAsia http://youtu.be/XLgsSYSdtT8 berikut ini:


TOYOTA SEO Award 2012

Advertisement

Comments

Related Post

Toyota FJ Cruiser, Resmi Mengaspal di Indonesia

Toyota FJ Cruiser, Resmi Mengaspal di Indonesia

Mobil FJ Cruiser 2013, adalah salah satu produk Toyota yang mengusung genre SUV (Sport Utility Vehicle) yang ikut bergaya di ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) 2012. Tentu saja ini bukanlah seperti Fortuner SUV terbaik yang menjadi SUV andalan toyota, namun Toyota FJ Cruiser lebih dikenal untuk adventure – ready 4WD vehicle yang lebih menjunjung Read More »

Nissan Pamerkan Almera di Thailand

Nissan Pamerkan Almera di Thailand

Nissan – Thailand nampaknya jadi tempat peluncuran mobil terbaru Nissan. Produsen mobil Nissan belum lama ini memperkenalkan sedan entry-level yang dinamai dengan Almera yang telah mengalami penyegaran. Diwartakan dari laman BangkokPost, Rabu (12/2/2013) Thailand akhirnya jadi negara pertama yang mendapatkan Nissan Almera facelift. New Almera diketahui telah mendapatkan penyegaran pada sektor eksterior dan juga interiornya. Read More »

New Peugeot 107 Siap Bersaing di Indonesia

New Peugeot 107 Siap Bersaing di Indonesia

New Peugeot 107, tak lama lagi dikabarkan segera memasuki pasar otomotif Indonesia, New Peugeot 107 merupakan produk teranyar dari pemilik merek mobil Peugeot, mobil ini nantinya akan dipertontonkan pada media otomotif pada hari Rabu, 30 Mei 2012. Peugeot 107 pertama kali dibuat pada tahun 2005, kali ini Peugoeot 107 yang dibuat pada tahun 2012 ini Read More »

Honda Civic, Siap Beradu di FIA WTCC 2014

Honda Civic, Siap Beradu di FIA WTCC 2014

Honda dikabarkan tengah bersiap untuk mengikuti ajang balap FIA WTCC (World Touring Car Championship) 2014. Kali ini Honda bakal meluncurkan mobil istimewa yang dirakit khusus untuk ajang tersebut. Yakni, Honda Civic WTCC yang telah melalui proses upgrade guna mampu menyesuaikan diri dengan regulasi teknis yang ada. Untuk urusan eksterior, disamping cutting sticker khusus WTCC, Honda Read More »