TOP News
Home » Mobil » Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil
Cruise control
Images: bubblews.com

Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi berbagai inovasi pun dapat tercipta, seperti halnya teknologi Cruise Control pada Mobil. Dimana perkembangan teknologi kendaraan bermotor kian hari kian pesat, teknologi Cruise Control ini hadir dengan tujuan untuk memudahkan pengendara dalam mengemudi.

Fitur Cruise Control adalah fungsi dengan sistem elektrik yang berfungsi untuk menjaga kecepatan kendaraan secara konstant, teknologi ini sangat membantu pengemudi dalam menjaga kecepatan laju kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara dalam jarak yang cukup jauh.

Kendaraan yang sudah menerapkan dan memiliki fiur Cruise Control ini padaumumnya pada kendaraan dengan segmen menengah keatas. Tombol untuk mengaktifkan fitur Cruise Control biasanya ada di bagian batang kemudi, atau tuas yang berada di bawah kemudi.

Jika pengemudi berada di kecepatan laju 80 km/jam di jalan bebas hambatan, cukup dengan mengaktifkan sistem cruise control kendaraan dapat melaju otomatis di kecepatan 80 km/jam.

Intinya adalah Cruis Control berfungsi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada kecepatan yang diinginkan, biasanya fitur ini akan sangat berguna sekali ketika berada di jalan yang bebas hambatan. Disamping itu, dengan adanya teknologi ini konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit dan efisien yang dikarenakan putaran mesin lebih setabil.

Cukup hanya menginjak pedal rem maupun pedal gas, maka aktivasi sistem cruise control segera dibatalkan dan kembali ke modus berkendara normal. Cruise control bekerja dengan cara membaca sensor kendaraan yang pada umumnya terdapat di driveshaftlas kopel, speedometer maupun sensor di takometer.

Salah satu mobil yang sudah memiliki teknologi ini adalah Toyota camry 2,5 HV dan 2,5 V serta Toyota Corolla terbaru.

Advertisement

Comments

Related Post

Volkswagen Polo R WRC, Semburkan Tenaga 217 hp

Volkswagen Polo R WRC, Semburkan Tenaga 217 hp

Volkswagen Polo R WRC, Mungkin ini adalah mobil VW versi Polo paling kencang. Dimana mobil ini mampu produksi tenaga mencapai 217 hp dan sanggup digeber hingga 240 kpj. Mobil ini dirancang memang untuk merayakan Polo yang bakal mengikuti event World Rally Championship (WRC) 2013. Polo R WRC yang didesain dengan penggerak roda depan ini memiliki Read More »

Mobil BMW i8, Punya Lampu Laser Canggih

Mobil BMW i8, Punya Lampu Laser Canggih

Produsen mobil mewah BMW bakal resmi memproduksi lampu laser terbarunya. Teknologi lampu ini akan disematkan pada supercar hybrid terbaru BMW i8. Diwartakan dari Worldcarfans, (11/2/2014), teknologi lampu laser untuk lampu depan ini adalah yang pertama di dunia untuk BMW i8. Sebelumnya, produsen mobil asal Jerman ini telah memamerkan teknologi lampu canggihnya ini yaitu Vision Connected Read More »

Toyota Juga Mengembangkan Wireless Charging Mobil

Toyota Juga Mengembangkan Wireless Charging Mobil

Toyota – Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, kini industri mobil listrik terus berkembang. Kali ini yang tengah dalam proses pengembangan oleh Toyota adalah wireless charging. Dengan adanya teknologi ini diharapkan nantinuya dapat diterapkan secara masal karena proses isi ulang listrik telah tidak perlu menggunakan kabel lagi. Untuk mengembangkan teknologi ini, Toyota telah bekerjasama dengan Read More »

Jeep Ingin Produksi SUV Mewah

Jeep Ingin Produksi SUV Mewah

Jeep berkeinginan untuk membuat mobil papan atas di pasar Eropa, Asia dan Amerika Utara. Akan tetapi tidak dari seri Grand Cherokee dan Wrangler yang nantinya diandalkannya, walaupun kedua model ini merupakan masuk dalam kategori mobil premium Jeep. Kali ini, Jeep ingin merealisasikan rencananya dalam merilis model baru dalam bentuk yang lebih kecil. Menurut kabar yang Read More »