TOP News
Home » Mobil » Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil
Cruise control
Images: bubblews.com

Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi berbagai inovasi pun dapat tercipta, seperti halnya teknologi Cruise Control pada Mobil. Dimana perkembangan teknologi kendaraan bermotor kian hari kian pesat, teknologi Cruise Control ini hadir dengan tujuan untuk memudahkan pengendara dalam mengemudi.

Fitur Cruise Control adalah fungsi dengan sistem elektrik yang berfungsi untuk menjaga kecepatan kendaraan secara konstant, teknologi ini sangat membantu pengemudi dalam menjaga kecepatan laju kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara dalam jarak yang cukup jauh.

Kendaraan yang sudah menerapkan dan memiliki fiur Cruise Control ini padaumumnya pada kendaraan dengan segmen menengah keatas. Tombol untuk mengaktifkan fitur Cruise Control biasanya ada di bagian batang kemudi, atau tuas yang berada di bawah kemudi.

Jika pengemudi berada di kecepatan laju 80 km/jam di jalan bebas hambatan, cukup dengan mengaktifkan sistem cruise control kendaraan dapat melaju otomatis di kecepatan 80 km/jam.

Intinya adalah Cruis Control berfungsi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada kecepatan yang diinginkan, biasanya fitur ini akan sangat berguna sekali ketika berada di jalan yang bebas hambatan. Disamping itu, dengan adanya teknologi ini konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit dan efisien yang dikarenakan putaran mesin lebih setabil.

Cukup hanya menginjak pedal rem maupun pedal gas, maka aktivasi sistem cruise control segera dibatalkan dan kembali ke modus berkendara normal. Cruise control bekerja dengan cara membaca sensor kendaraan yang pada umumnya terdapat di driveshaftlas kopel, speedometer maupun sensor di takometer.

Salah satu mobil yang sudah memiliki teknologi ini adalah Toyota camry 2,5 HV dan 2,5 V serta Toyota Corolla terbaru.

Advertisement

Comments

Related Post

Mini Paceman, Mobil Bermesin Turbo dengan 6 Percepatan

Mini Paceman, Mobil Bermesin Turbo dengan 6 Percepatan

Mini Paceman adalah sebuah mobil yang menerapkan konsep gabungan antara SAV (Sport Activity Vehicle) dengan sedan Coupe. Tentu saja mobil ini bakal menarik perhatian banyak orang lantaran desain berkarakter unik dan cocok bagi mereka yang suka mengemudi seorang diri. Mobil Mini Paceman Indonesia telah menggunakan mesin Turbo yang mampu menyemburkan tenaga hingga 184 hp dan Read More »

Nissan Pamerkan Almera di Thailand

Nissan Pamerkan Almera di Thailand

Nissan – Thailand nampaknya jadi tempat peluncuran mobil terbaru Nissan. Produsen mobil Nissan belum lama ini memperkenalkan sedan entry-level yang dinamai dengan Almera yang telah mengalami penyegaran. Diwartakan dari laman BangkokPost, Rabu (12/2/2013) Thailand akhirnya jadi negara pertama yang mendapatkan Nissan Almera facelift. New Almera diketahui telah mendapatkan penyegaran pada sektor eksterior dan juga interiornya. Read More »

Ford Capai Produksi hingga 350 Juta Mobil

Ford Capai Produksi hingga 350 Juta Mobil

Ford, produsen mobil yang didirikan oleh seseorang bernama Hendy Ford ini nampaknya bisa berbangga hati. Bagaimana tidak?, Ford baru saja merayakan produksi yang ke 350 terhitung sejak Model T dirakit pada tahun 1903. John Fleming, seorang Executive Vice President Fort Global John Fleming mengatakan bahwa menghasilkan 350 juta mobil bagaikan merakit 1 mobil setiap 10 Read More »

Toyota Crown, Punya Generasi Baru

Toyota Crown, Punya Generasi Baru

Mobil seri legendaris Toyota ini pertama kali diproduksi pertamakli pada tahun 1955, dimana sampai saat ini Toyota Crown telah memasuki produksi hingga generasi ke-14. Seperti diwartakan dari laman Carscoop pada hari Kamis (27/12/2012), bahwa Toyota Crown baru saja dirilis di Jepang. Crown kali ini hadir dengan dua versi, yakni Toyota Crown Athlete yang khas dengan Read More »