TOP News
Home » Mobil » Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil
Cruise control
Images: bubblews.com

Mengetahui Fungsi Cruise Control pada Mobil

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi berbagai inovasi pun dapat tercipta, seperti halnya teknologi Cruise Control pada Mobil. Dimana perkembangan teknologi kendaraan bermotor kian hari kian pesat, teknologi Cruise Control ini hadir dengan tujuan untuk memudahkan pengendara dalam mengemudi.

Fitur Cruise Control adalah fungsi dengan sistem elektrik yang berfungsi untuk menjaga kecepatan kendaraan secara konstant, teknologi ini sangat membantu pengemudi dalam menjaga kecepatan laju kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara dalam jarak yang cukup jauh.

Kendaraan yang sudah menerapkan dan memiliki fiur Cruise Control ini padaumumnya pada kendaraan dengan segmen menengah keatas. Tombol untuk mengaktifkan fitur Cruise Control biasanya ada di bagian batang kemudi, atau tuas yang berada di bawah kemudi.

Jika pengemudi berada di kecepatan laju 80 km/jam di jalan bebas hambatan, cukup dengan mengaktifkan sistem cruise control kendaraan dapat melaju otomatis di kecepatan 80 km/jam.

Intinya adalah Cruis Control berfungsi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada kecepatan yang diinginkan, biasanya fitur ini akan sangat berguna sekali ketika berada di jalan yang bebas hambatan. Disamping itu, dengan adanya teknologi ini konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit dan efisien yang dikarenakan putaran mesin lebih setabil.

Cukup hanya menginjak pedal rem maupun pedal gas, maka aktivasi sistem cruise control segera dibatalkan dan kembali ke modus berkendara normal. Cruise control bekerja dengan cara membaca sensor kendaraan yang pada umumnya terdapat di driveshaftlas kopel, speedometer maupun sensor di takometer.

Salah satu mobil yang sudah memiliki teknologi ini adalah Toyota camry 2,5 HV dan 2,5 V serta Toyota Corolla terbaru.

Advertisement

Comments

Related Post

Toyota Umumkan Aksesoris GT 86

Toyota Umumkan Aksesoris GT 86

Toyota Umumkan Aksesoris untuk GT 86 – Toyota resmi mengumumkan bahwa Toyota 86 pada segmen sedan sport sudah menerima paket asesoris anyar berupa aerodinamis body kit, setelah diperkenalkan lebih dahulu di Jerman awal Juni ini. Body kit aero dinamis ini adalah sayap belakang seperti diffuser, side skirts bumper belakang dan depannya memperoleh sedikit modifikasi yang Read More »

Mobil Ini Dibekali Dengan Teknologi Siri dan iOS

Mobil Ini Dibekali Dengan Teknologi Siri dan iOS

Honda – Bukan hanya produsen smartphone, industri otomotif pun juga lebih serius menanam teknologi canggih di kendaraannya. Salah satunya adalah industri otomotif Honda, yang akan membenamkan teknologi Siri dan iOS di mobil terbarunya. Pengembangan ini sebenarnya sudah lama jadi impian Steve Jobs ketika masih memimpin Apple. Impian tersebut tak sia-sia, karena Apple berhasil meyakinkan Honda, Read More »

Audi Siapkan Penerus Q7

Audi Siapkan Penerus Q7

Ketatnya perkembangan mobil SUV nampaknya tidak menjadikan Audi si produsen mobil mewah asal Jerman ini patah arang dalam bersaing, hal ini terlihat jelas dengan dipersiapkannya perilisan Mobil SUV Audi Q8. Hal ini ditandai dipersiapkannya penerus Q7, yakni Q8. Jajaran mobil SUV besutan audi ini ditandai dengan huruf Q pada bagian depan seperti Q3, Q5 dan Read More »

Ford Evos, Hasil Evolusi Sport Car

Ford Evos, Hasil Evolusi Sport Car

Ford Evos – Ford merupakan salah satu Produsen otomotif ternama yang kini tengah mempersiapkan mobil sport konsep yang dinamai dengan Ford Evos. Ford Evos adalah mobil jenis sedan sport yang memiliki sedikit perbedaan dari sportcar lain dan hanya menggunakan 2 pintu. Hal ini dikarenakan Ford Evos menggunakan empat pintu yang bagian pintu belakang tak menggunakan Read More »