Ini Dia Cara Sederhana Merawat Mesin Diesel

Ini Dia Cara Sederhana Merawat Mesin Diesel Ilustrasi Mesin Diesel

Mesin yang sering digunakan tentu saja harus menjalani perawatan, baik perawatan ringan maupun perawatan berat. Jika tidak rajin merawatnya maka dapat memberikan kerusakan yang lebih banyak.

Mesin mobil diesel kebanyakan disukai karena keiritannya, mesin ini juga diyakini lebih mudah dalam melakukan perawatan.

Berikut ini adalah cara terbaik dalam merawat mesin diesel yang tidak ada ruginya untuk dicoba dan diterapkan dalam mobil atau mesin diesel anda.

Diawali dengan membersihkan filter solar. Melakukan pembersihan dari kotoran pada filter solar dengan cara menggantinya secara rutin atau maksimal disetiap 3000 km.

Setelah rutin mengganti filter solar mengganti oli secara rutin juga harus diperhatikan. Dimana penggantian oli secara rutin dapat membantu memperpanjang usia pakai kendaraan. Pastikan menggunakan oli mesin sesuai dengan yang direkomendasi oleh pabrik.

Selanjutnya dalam merawat mesin diesel kendaraan yang harus dicermati adalah memilih kualitas solar yang baik. Setiap mesin diesel yang sudah menggunakan teknologi commonrail, pemberian solar dengan kualitas rendah berpotensi untuk mengotori pompa injektor sehingga mobil atau kendaraan lebih tidak bertenaga.

Setelah rutin merawat filter solar dan memperhatikan kualitas solar sepertinya memastikan isi tangki solar tetap penuh juga menjadi syarat utama dalam merawat mesin diesel.

Oleh karena itu jangan sampai membiarkan tangki solar dalam keadaan kosong karena dapat mengakibatkan pengembunan dan akhirnya dapat merusak filter solar.

Yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan mesin dari debu, dimana debu yang menempel di ruang mesin dan saringan udara sangat berpotensi mengganggu performa mesin diesel. Oleh sebab itu selalu bersihkanlah filter udara minimal 5.000-10.000 km.

Top News

Sekilas tentang Mobil Mazda CX-5

Mobil Mazda CX-5 yang tergolong dalam jenis Mobil Pintar (Smart Cars) dan menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.000 cc untuk mesin yang menggunakan bahan bakar…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Moge Mabua Harley Davidson Superlow XL883L, Cocok Untuk Wanita

Siapa bilang Moge (Motor Gede) hanya untuk kaum laki-laki. Nyatanya Mabua Harley Davidson Superlow XL883L mampu mencuri hati wanita pecinta moge. Memang sih,…

Zahfi Yuki Zahfi Yuki

Ini Spesifikasi Mobil Honda CR-Z Yang Paling Diburu

Honda CR-Z Seiring dengan perkembangan zaman dan technology yang sangat canggih. Perkembangan industri otomotif juga tidak mau ketinggalan untuk ikut menjadi nomor 1….

Luluk Ismawati Luluk Ismawati

Ferrari 458 Spider Mengaspal di Indonesia

PT Surya Sejahtera Otomotif, selaku distributor resmi Ferrari Indonesia, pada hari Jumat (8/6) resmi menghadirkan mobil sportcar teranyar barnama Ferrari 458 Spider di…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Evantra, Supercar Baru dari Mazzanti, Italia

Italia sepertinya memang kental dengan berbagai jenis mobil Supercar, tidak hanya Lamborghini atau Ferrari saja, namun sekarang juga ada Evantra. Evantra merupakan mobil…

Yoan Allawy Yoan Allawy

Cara Tepat Memilih Ban

Dalam memilih ban sebaiknya jangan asal-asalan dan tidak boleh sembarangan. Meski memilih ban suatu kendaraan cenderung untuk sesuka hati, namun belum tentu ban…

Yoan Allawy Yoan Allawy